Pernah merasa kamu dikelilingi orang tidak baik?

Mungkin berberapa dari kamu tidak sadar bahwa kamu dikelilingi orang toxic. Apa itu toxic people? Toxic people adalah seseorang yang perilakunya dianggap “beracun” dan berdampak negatif kepada orang lain, baik itu secara fisik atau emosional. Mereka adalah orang yang selalu menimbulkan perasaan-perasaan negatif. Biasanya, tipe-tipe orang ini suka bersikap manipulasi, egois dan hanya menggunakan orang lain untuk kepentingan pribadinya. Toxic people bisa jadi siapa aja seperti rekan kerja, teman, atasan hingga keluarga kamu sendiri. Sebaiknya, kamu hindari orang yang menyebabkan berbagai masalah di hidup kamu dan menguras energimu. Mereka berdampak negatif dalam hidupmu dan membuat kamu stres dan tidak nyaman. Maka itu kamu wajib ketahui ciri-ciri orang yang toxic.

10 Ciri-Ciri Toxic People Adalah:

Kamu sering lelah dan merasa energi habis karena dikelilingi orang toxic? Sebaiknya menghindar dan bergaul dengan orang yang suportif. Toxic people adalah orang yang membuat hidupmu tambah sulit secara emosional maupun fisikal.

1. Mereka Adalah Victim

toxic people tidak baik

Toxic people merasa dirinya paling benar dan selalu merasa menjadi korban. Mereka tidak menyadari bahwa perilaku mereka terhadap orang lain sesungguhnya beracun. Menurut mereka, semua masalah mereka disebabkan oleh orang lain dan selalu menyalahkan orang lain ketika terjadi sesuatu akibat mereka sendiri. Mereka tidak bermoral dan sifat narsistik ekstrim mereka membuat mereka sama sekali tidak sensitif terhadap perasaan dan emosi orang lain. Ini berarti, mereka hanya mementingkan kesejahteraan mereka sendiri. Mereka tidak mau minta maaf terlebih dahulu dan tidak mau mengakui kalau ia pernah gagal. Disaat mereka diketahui melakukan kesalahan, mereka masih berpura-pura seketika mereka adalah korbannya.

2. Sering Bergosip Dan Omongin Orang Lain

toxic people adalah orang beracun

Mereka hobinya adalah berbicara di belakang punggung semua orang. Dengan membicarakan kekurangan orang lain membuat mereka tampil sempurna. Mereka hanya bisa bergossip karena tidak ada hal yang baik untuk dikatakan. Disaat diajak bercerita, mereka tampak rama dan menyenangkan karena mereka menyajikan kebenaran sesuai keinginan mereka, namun aslinya mereka sedang memutar balikkan fakta dan mengungkapkan rahasia orang lain denganmu dan sebaliknya. Tidak muda untuk menghindari orang-orang seperti ini, apalagi kalau mereka adalah rekan kerja atau “sahabat”. Maka kamu tidak perlu banyak menceritakan hal-hal pribadi kepada mereka. Bersikap secara neutral saja dan ceritakan hal-hal yang biasa atau bermanfaat.

3. Toxic People Suka Berbohong

cara menghadapi toxic people adalah menghindar

Mereka dianggap sebagai manipulator paling besar di luar sana. Mereka berusaha mengontrol dan membuat orang lain melakukan apa yang sesuai keinginan mereka. Mereka akan menyakiti kamu secara tidak langsung dengan mengalihkan perbuatannya untuk menyelamatkan kamu. Mereka tidak ragu untuk berbohong dan membuat orang lain merasa berhutang budi padanya. Dan setiap kali kebohongannya terkuak, mereka akan berkelit denga beribu alasan sehingga mereka menjadi korban sebenernya di situasi tersebut. Biasanya jika mereka lolos berkali-kali dengan kebohongan mereka, selanjutnya mereka akan melakukan hal-hal yang lebih parah lagi.

4. Suka Cemburu

toxic people suka cemburu

Orang-orang beracun merasa sangat cemburu ketika melihat teman atau pasangannya menghabiskan waktu bersama dengan orang lain. Ia cenderung posesif dan tidak senang melihat kamu bahagia. Mereka ingin waktu kamu hanya bergaul dan peduli terhadap mereka. Contohny, kamu tidak membalas pesan dan mereka akan marah dengan cepat. Jika tindakan mereka mulai merugikan kamu, ganggu pekerjaan dan menjatuhkan kamu, maka kamu harus bertindak secara to the point dan tegas dan menghindari mereka sebisa mungkin.

5. Tidak Memiliki Empati

menjauhi orang seperti ini

Dalam hubungan pertemanan denga orang toxic, sikap manipulatif sering dilakukan. Mereka suka menggunakan alasan “bercanda doang” untuk menyakitkan teman mereka. Misalkan, ada teman yang dalam masalah, bukannya mendukung dan menghibur, mereka sibuk menghakimi dan menyalahkan. Mereka sadar bahwa kata-kata yang mereka ucapkan membuat orang tidak nyaman. Orang-orang ini menunjukkan kebaikkannya jika sesuai rencana mereka dan mendapatkan sesuatu sebagai balasannya. Mereka tidak akan memahami perjuangan orang lain dan tidak peduli dengan orang orang di sekitar mereka. Sering sekali, mereka memiliki agresivitas tinggi dan implusif.

6. Toxic People Tidak Konsisten

toxic people tidak baik buat kamu

Orang yang toxic selalu mengubah pecakapan dalam sejenak. Ia akan berbohong dengan terang-terangan. Mereka adalah orang yang tidak bisa menepatkan janji. Mereka sudah tahu cara bersikap seperti apa ketika menginginkan sesuatu. Namun, bila tidak memerlukan sesuatu dari kamu, mereka tidak akan bersikap baik pada kamu. Dalam hidup merek penuh dengan kebohongan dan tidak pernah adanya kejujuran. Lebih baik hentikan hubungan kamu yang toxic ini. Kamu hanya menghabiskan waktu karena mereka tidak pernah menyadari atau bahkan berubah, kamu yang harus memutuskan untuk keluar dari pertemanan tersebut.

7. Suka Mengkritik Siapa Saja

Toxic people adalah orang yang paling defensif saat diberikan masukan dari orang lain. Mereka akan marah dan membencimu jika kamu berani memberi kritik kepada mereka. Walaupun kritik bisa menjadi hal yang positif, mereka memberimu saran yang membuat kamu tidak termotivasi. Namun, jika ada yang terus menerus mengkritik apapun yang kamu lakukan tanpa melihat usaha atau sisi positifmu, maka perlu kamu hindari. Dalam hubungan dengan orang seperti ini, kamu akan kehilangan percaya diri, stres, menyerah dan berkecil hati. Kamu adalaha individu yang berhak diperlakukan secara adil. Bergaul dengan orang-orang yang suportif dan bersikap lebih positif lebih bermanfaat saat kamu diberi saran.

8. Terus Menghakimi Kamu

bergaul dengan orang yang lebih positif

Kalau orang yang toxic, mereka suka menghakimi orang lain. Mereka selalu mencari kesalahan atau kekurangan orang lain untuk dicela. Kamu akan selalu salah di pandangan mereka dan merendahkan harga dirimu. Merek akan protes segala hal yang kamu lakukan dalam karirmu, tampilanmy, hubungan dengan pasanganmu dan hal-hal yang kamu sukai. Intinya, mereka selalu ada untuk mengkritik dan seolah-olah pilihan dia lah yang paling benar.

9. Tidak Pernah Mendukung Orang Lain

minta saran dari teman suportif

Inilah ciri umum dari orang yang toxic. Mereka tidak bertindak keras di luar, tetapi sebernya mereka semngsara. Setiap melihat seseorang sukses atau bahagia dalam hidup mereka, mereka akan menjatuhkan orang itu. Mereka tidak intropeksi diri dan lebih memilih mengecilkan hati orang lain karena ini membawa kepuasan bagi mereka. Jika mereka melihat seseorang bertumbuh atau membuat kemajuan, mereka tidak senang dan tidak mendukung. Ia akan mencari kesempatan untuk meremehkan kamu. Jauhilah orang-orang seperti ini kalau kamu masih berhubungan.

10. Toxic People Terus Mengeluh

jauhi orang tidak suportif

Mereka selalu mengeluhkan hal-hal kecil dan tidak penting. Segala hal bagi mereka terasa berat karena mereka tidak bersyukur. Mereka berasa sulit untuk menemukan kepuasan diri. Hindari orang tersebut. Mereka akan menguras energimu karena membuatmu menerima hal-hal negatif, selain itu mengurangi waktu kamu bergaul denga orang lain. Bukannya menikmati hubungan yang sehat, kamu lelah harus terus menghibur mereka. Demi kesehatan mental dan dampak yang baik, betemanlah denga orang yang suportif and hindari orang toxic.

Inilah 10 Ciri-Ciri toxic People. Gimana Sahabat DS? Apakah kamu punya teman yang toxic?

Jangan ketinggalan artikel berikut ini ya! Ciri-Ciri Anxiety Disorder

Image sources: unsplash


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *