kamu pernah tiba tiba sedih dan ingin menangis ?

Semua manusia pada umumnya sedih memiliki penyebab atau kejadian buruk yang tidak bisa ia lupakan. Menangis adalah sebuah ekspresi dari seseorang saat ia mengungkapkan berberapa perasaannya. Namun, pernah enggak sih kamu tiba tiba sedih dan ingin menangis tanpa sebab? Perasaan sedih secara mendadak pasti membuat kamu merasa tidak nyaman dan perasaan tersebut dapat mengganggumu disaat bekerja dan belajar bahkan membuatmu tidak produktif karena emosi negatif yang tak terkendali. Menurut para ahli, merasa kesedihan dan menangis secara tiba tiba berhubung dengan berberapa gangguan psikologis dan neurologis. Jika kamu bertanya-tanya mengapa hal ini terjadi kepada dirimu, maka kamu wajib membaca artikel berikut ini.

Apa Yang Membuatmu Sedih Dan Ingin Menangis:

hyprophrenia adalah gangguan mental di mana seseorang sering menangis dan sedih tanpa alasan yang jelas dan rasa sedih yang berakhir dengan tangisan, bisa muncul tanpa kita sadari” – Rena Masri P.Psi. Jika kamu yang sering tiba tiba sedih dan ingin menangis tanpa sebab serta bisa terjadi kapan pun dan di mana saja tanpa alasan yang jelas, kamu mengalami Hypophrenia. Ini adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan di otaknya yang menyebabkan perasaan emosional dan kesedihan yang berlebihan. Orang yang biasa terkena hypophrenia mudah tersinggung, sensitif dan sulit diajak berkomunikasi. Mereka adalah introvert. Penyebab hyprophrenia bisa terkait dengan masa kecil yang dibawa sampai besar. Ini juga termasuk peristiwa kehilangan yang mendalam dan menjadi salah satu pemicunya.

Bipolar dan Hyprphrenia dua dua penyebab tiba tiba sedih dan ingin menangis. Banyak sekali yang salah diagnosa dirinya dengan bipolar. Bagaimana membedakan penderita bipolar dengan hyprophrenia?

“Kalau pada gangguan bipolar, seseorang akan mengalami 2 fase, yaitu mania atau manik dan fase depresif. Sementara kalau pada orang dengan gangguan hypophrenia, dia hanya mengalami mengalami 1 fase saja,” papar psikolog jebolan Universitas Indonesia ini saat dihubungi Health-Liputan6.com

Ingat ya! ini hanya salah satu faktornya. Jangan self-diagnose.

Berikut Adalah Penyebab Hyprophrenia Yang Memicu Kesedihanmu:

Inilah 4 pemicu hyprophrenia yang membuat kamu masih sedih dan menangis.

1. PMS Dapat Menyebabkan Kamu Menangis Tanpa Alasan Yang Jelas.

Apa yang membuat seseorang tiba tiba sedih dan ingin menangis?

Kalian pernah tiba-tiba menangis tanpa alasan yang jelas di periode mendekati jadwal mentruasi? Ini adalah mood swing yang disebabkan oleh PMS. PMS adalah sinfrom pramentruasi memengaruhi 90 persen wanita di usia subur. Para wanita mengalami perubahan hormon yang membuatnya lebih sensitif dan mempengaruhi kondisi emotional mereka. Kondisi ini yang paling sering terjadi pada seorang wanita dan membuat wanita sulit berkonsentrasi. Ini terjadi karena estrogen yang berkaitan dengan emosional wanita yang naik dan turun.Gejala-gejala sebelum PMS membuat beberapa bagian tubuh sakit, terutama pada perut dan pinggul. Saat kondisi ini terjadi, lebih baik jangan mengonsumsi kafein atau kopi. Buat wanita yang memasuki masa menopause, mereka juga cenderung lebih tempramental.

2. Tingkat Stres Yang Tinggi Dan Membuatnya Menangis Secara Tiba Tiba

kamu masih tiba tiba sedih dan ingin menangis?

Stres datang melanda kapan pun, bahkan dalam menjalani keseharian. Orang yang stres cenderung berpikir berlebihan sebelum ia tidur, saat bekerja, dan melakukan rutinitas sehari-hari. Banyak masyarakat Indonesia mengalami tingkat stres yang tinggi namun tidak disadari. Tingkat stres yang tinggi membuat seseorang sering sakit, terganggu konsentrasinya, cepat lelah, tiba-tiba menangis, dan durasi tidur yang tak konsisten. Stres menyangkut aspek psikologis dan emosional. Tanda-tanda menyangkut aspek emosional adalah merasa kesal, mudah mengalami perubahan suasana hati, ekstra sensitif, selalu defensif dan mudah menangis.Ketika kamu sudah lelah dan terpapar stres yang extrem, ini dapat menyebabkan ledakan tangisan. Tingkat kecemasan yang tinggi mempengaruhi seseorang untuk mengatur emosinya. Hal ini menimbulkan berberapa gejala seperti insomnia, menyendiri, tidak bisa konsentrasi dan sebagainya.

3. Kamu Sedang Depresi Berat

Kamu pernah alami depresi yang membuat kamu tiba tiba sedih?

Depresi adalah gangguan mental yang membuat kamu merasa sedih berlarut-larut. Depresi adalah gejala yang berlangsung lebih dari berberapa minggu. Bagi orang-orang yang depresi, mereka lebih mudah merasa putus asa dan sering menangis tersedu-sedu. Kondisi ini membuat mereka selalu cemas dan khawatir selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Berberapa gejala lain bisa meliputi: terus diselimuti perasaan bersalah, gampang emosi terhadap orang lain, berpikir untuk melukai diri sendiri atau sulit membuat keputusan dan lain-lain. Bila kamu mengalami depresi, kamu akan kesulitan mengidentifikasi mengapa kamu menangis. Orang yang mengalami depresi kehilangan minat pada kegiatan yang sebelumnya disenangi.

Jika kamu merasa tidak berdaya dan depresi, hal yang bisa dilakukan ialah mencari tahu penyebabnya dan berkonsultasi agar mendapatkan solusi.

4. Trauma Masa Lalu Yang Menyedihkan

kamu pernah trauma mendalam kemudan tiba tiba sedih dan ingin menangis

Banyak orang melempar kata trauma begitu ringan. Padahal, trauma lebih dari sekedar rasa takut. Trauma psikologis membuat kamu susah menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satu penyebabnya kondisi ini adalah akibat trauma atau kejadian menyedihkan di masa lalu. Trauma mendalam di masa lalu memicu seseorang untuk tertekan. Kamu mempunyai kenangan yang pahit dan luka yang dalam disebabkan oleh bullying, kekerasaan, KDRT, dikhianati orang terdekat dan sebagainya. Selain itu, hypophrenia bisa disebabkan oleh kehilangan orang terdekat. Mesi kejadian terjadi hanya satu kali, peristiwa tersebut bisa memicu stres jangka panjang. Kejadian traumatis bisa terus lekat di ingatan sampai dewasa dan membuat seseorang mengalami trauma psikologis jika diabaikan.

Untuk mengetahui kondisi traumatis, salah satunya adalah melihat tanda dan gejala. Tanda-tanda orang mengalami trauma tidak hanya secara emosional, juga busa secara fisik.

Gejala trauma yang sering terjadi secara emosional:

-tidak menerima kenyataan

-malu

-emosi yang meluap

-meledak marah

-menyendiri dan menarik diri dari pergaulan

-menyalahkan diri sendiri

Gejala trauma yang sering terjadi secara fisikal:

-muka pucat

-tidak berenergi, lemas

-sulit fokus dan konsentrasi

-jantung berdegub cepat

-insomnia dan mimpi buruk

-sakit kepala yang nyeri

-otot tegang

5. Penyesalan Di masa Lalu Menjadi Salah Satu Pemicu Kamu Tiba Tiba Merasa Sedih Dan Menangis

gimana kamu tiba tiba sedih dan ingin menangis?

Siapa sih yang tidak ingin hidupnya bahagia? Namun dalam perjalanan hidup, ada kalanya kamu mendapati rasa sesal. Penyesalan dapat menjadi sumber kesedihan orang yang mengalaminya. Terkadang kamu menyesali masa lalu yang pernah menimpa dan tak bisa kamu lupakan. Memang pastinya kita menyesal setelah tidak memutuskan keputusan dengan baik. Tetapi, kamu harus mencari solusinya dan apa yang harus dilakukan. Banyak orang tidak bisa menghilangkan rasa penyesalan. Bahkan mereka merasa menyesal selama hidupnya karena kesalahan yang dilakukannya. Akibatnya, hal tersebut dapat memengaruhi hidup mereka dan membuat mereka depresi karena penyesalan dan ketakutan yang dalam. Jangan menghindari penyesalan karena kamu akan terus merasa hampa dan penyesalan itu menghantuimu.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa hal yang menyebabkan seseorang sedih dan menangis tanpa alasan atau hypophrenia. Semoga bermanfaat.

Yuk! simak artikel selanjutnya, Cara Mengendalikan Emosi

Kalian harus tahu penyebabnya kenapa kamu masih tiba tiba sedih dan ingin menangis. Apakah faktor-faktor tersebut pernah terjadi kepada kamu?


2 Komentar

7 Cara Menghilangkan Sakit Hati dan Kecewa - doctorself.id · Juni 20, 2021 pada 8:12 pm

[…] Baca juga: Kamu Pernah Tiba Tiba Sedih Dan Ingin Menangis? […]

Berikut 9 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita! · Juli 5, 2021 pada 3:17 pm

[…] Kamu Pernah Tiba Tiba Sedih Dan Ingin Menangis? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *