pengertian overthinking

Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang wajar. Setiap orang pasti melewati masa baik maupun buruk sehingga dapat membuat rencana untuk kedepannya. Namun, ada sebagian besar orang yang malah terjebak dalam masa lalu atau dalam masa depan. Mari kita bahas mengenai pengertian overthinking!

Pengertian Overthinking

Terlalu sering berpikir sehingga menghabiskan sebagian besar waktu tanpa melakukan apapun dapat diartikan sebagai overthinking. Orang yang sering overthinking tidak sadar bahwa hal yang mereka lakukan sudah melewati batas normal. Mereka bisa memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan.

Seseorang yang overthinking memikirkan banyak hal dari yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi. Mereka cenderung melakukan persiapan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi, hal tersebut yang malah menghambat mereka untuk memulai sesuatu.

Pada akhirnya mereka tidak berani melakukan apapun dan memilih untuk berada pada titiknya sekarang saja. Overthinking dapat menghabiskan banyak waktu dan sering menyebabkan seseorang sulit tidur atau insomnia.

Gejala Overthinking

Terkadang orang yang terlalu banyak berpikir tidak sadar atas tingkah lakunya ini. Oleh karena itu, mereka perlu mengetahui apa saja gejala dari overthinking. Overthinking dapat disebabkan oleh banyak hal. Beberapa gejala dari overthinking adalah sebagai berikut.

1. Terlalu Memikirkan Perasaan atau Perkataan Orang Lain

tidak memikirkan perkataan atau perasaan orang lain

orang yang sering mengambil hati atas perkataan orang lain bisa menjadi salah satu indikasi dari overthinking. Orang tersebut secara aktif menilai dan menganalisis perkataan serta perasaan dari orang lain. Hal ini membuat dia untuk selalu berpikir sehingga menyebabkan overthinking.

Mereka mempunyai kecenderungan untuk salah menafirkan perkataan atau perasaan orang lain. Padahal lawan bicara mereka tidak mempunyai maksud apapun dalam perkataan tersebut dan mereka sendirilah yang sibuk mencemaskan berbagai hal

2. Tidak Fokus pada Penyelesaian Masalah

pengertian overthinking yaitu tidak fokus terhadap penyelesaian masalah

Sebuah masalah hanya akan selesai apabila solusinya sudah ditemukan. Namun, hal ini tidak berlaku pada orang yang terlalu banyak memikirkan semua hal. Walaupun mereka mempunyai niat awal untuk segera menyelesaikan suatu masalah, kenyataannya malah terjebak dalam overthinking.

Ketika proses pemikiran solusi sedang berjalan, mereka cenderung untuk memikirkan hal-hal buruk yang akan terjadi dan menjadi pesimis. Pada akhirnya mereka membuang waktu sia-sia karena terpuruk di dalam overthinking.

3. Tidak Berani Mengambil Langkah

takut untuk memulai adalah gejala dan pengertian overthinking

Gejala lain dari seorang overthinker yaitu takut untuk memulai suatu hal. Orang yang terlalu banyak berpikir tidak akan memulai suatu hal dengan terburu-buru. Mereka harus mempunyai rencana dan memikirkannya dengan detail.

Namun, karena mereka terlalu banyak memikirkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa depan, mereka malah mengurungkan niatnya untuk mengambil langkah. Rasa takut dan kecemasan berlebih sudah menghalangi mereka untuk memulai.

Baca Juga : 7 Cara Menghadapi Insecure

4. Rasa Cemas yang Berlebihan

contoh gejala dari pengertian overthinking adalah rasa cemas yang berlebihan

Cemas akan masa depan adalah hal yang biasa karena tidak ada yang bisa melakukan prediksi secara tepat apa yang akan terjadi kedepannya. Akan tetapi, apabila kecemasan tersebut tidak kunjung selesai dan berlanjut-lanjut hanya akan menyulitkan hidup seseorang saja.

Seorang overthinker mempunyai gejala untuk mengkhawatirkan berbagai hal seperti mengingat kesalahan yang pernah terjadi sehingga meninggalkan trauma, terlalu banyak berandai-andai pada hal yang sangat mustahil untuk terjadi hingga pada setiap perkataan orang lain.

5. Kesulitan Mengambil Keputusan

kesulitan untuk mengambil keputusan sebagai pengertian overthinking

Perilaku utama dari overthinking yaitu terlalu banyak berpikir. Hal ini yang menjadi alasan utama mengapa para overthinker tidak dapat membuat keputusan dengan mudah. Bagi mereka, menjalani hidup sehari-hari saja bisa menjadi sebuah tantangan besar apalagi dengan mengambil keputusan yang besar.

Apabila mereka membuat sebuah keputusan, mereka juga dapat menyalahkan dirinya sendiri apabila keputusan yang dibuat ternyata salah. Mereka tidak memilih untuk belajar dari kesalahan melainkan menyalahkan dirinya sendiri secara terus-menerus.

Mengatasi Overthinking

Overthinking merupakan hal yang sulit untuk dihindari karena terkadang seseorang belum mengenal pengertian overthinking dengan baik dan tidak mengetahui cara penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi overthinking secara efektif.

1. Mencari Pemicu dari Overthinking

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu untuk mencari pemicunya. Overthinking hanya akan terjadi jika seseorang dihadapi oleh kondisi tertentu. Hal yang paling penting adalah untuk menjadi lebih sadar dan peka terhadap situasi saat ini.

Segeralah berhenti dan menarik mundur diri apabila overthinking sedang terjadi. Lalu, pikirkan alasan pertamamengapa overthinking ini bisa terjadi, bisa jadi hal tersebut adalah karena memikirkan suatu hal sepeti karir, hubungan, dan lain-lain.

2. Fokus terhadap Solusi

Orang yang terlalu banyak berpikir cenderung untuk mengabaikan tujuan awalnya yaitu untuk mencari solusi dari permasalahannya. Memikirkan masalahnya secara terus-menerus tidak akan menyelesaikan permasalahan, melainkan memikirkan solusi adalah pilihan yang tepat.

Ketika sedang memikirkan hal sebuah masalah, coba untuk memberikan pertanyaan yang dimulai dengan kata “apa” daripada “mengapa”. Kata “mengapa” hanya akan berujung terhadap alasan penyebab dari masalah tersebut, sedangkan “apa” akan berfokus terhadap tindakan yang perlu dilakukan.

3. Tuliskan Isi dari Pikiran

Daripada terlalu banyak memikirkan hal yang tidak mungkin terjadi, hal lain yang dapat dilakukan adalah menuliskan isi hati dan pikiran. Ada waktu dimana seseorang tidak dapat selalu mengandalkan temannya untuk dijadikan sebagai teman curhat karena adanya kesibukan di hidup mereka masing-masing. Oleh karena itu, hal yang dapat dilakukan sendiri yaitu menuangkan keluh kesah maupun cerita dalam bentuk tulisan.

Ada hal-hal yang tidak dapat diungkapkan ke orang lain, namun dapat diungkapkan sepenuhnya dalam bentuk tulisan karena hanya melibatkan diri mereka sendiri. Mungkin dengan proses menulis ini juga, seseorang dapat menemukan solusi dari permasalahannya.

Baca Juga : Cara Meluapkan Emosi yang Baik dan Benar

4. Berhenti Menjadi Seorang Perfeksionis

Salah satu kebiasaan dari overthinker yaitu untuk menjadi yang terbaik dan menuju kesempurnaan. Padahal hal yang sempurna itu tidak ada habisnya karena penilaian setiap orang itu berbeda-beda. Orang yang terlalu banyak berpikir akan berusaha keras untuk menyempurnakan karyanya.

Menurut Hellosehat, Seorang perfeksionis akan fokus terhadap hal-hal detil sepele sehingga melupakan tujuan utamanya.. Hal ini yang dapat menyebabkan mereka untuk tidak tepat waktu dalam mengerjakan suatu hal. Berhentilah menjadi seorang perfektionis dan coba untuk menjadi lebih realistis terhadap keadaanya.

5. Fokus terhadap Hal yang Bisa dikontrol

Seringkali orang yang terlalu banyak berpikir akan terjebak di dalam pikirannya dan pada akhirnya tidak melakukan apa-apa untuk mengatasi overthinkingnya. Hal yang dapat dilakukan yaitu untuk hanya fokus terhadap hal-hal yang bisa mereka kontrol.

Banyak faktor eksternal yang tidak dapat kita prediksi dan kontrol seperti perkataan atau perasaan orang lain, apa yang akan terjadi di masa depan dan banyak hal lainnya. Daripada terus memikirkan hal yang tidak bisa dikontrol, lebih baik untuk melakukan suatu hal untuk sendiri dan tidak terlalu mempedulikan orang lain karena hanya akan menghambat perkembang seseorang saja.

Berpikir sebelum bertindak adalah hal yang tepat untuk dilakukan, namun terlalu banyak berpikir hanya akan membuat seseorang berhenti dan tidak melakukan apapun. Overthinking tidak boleh dibiarkan untuk terjadi terus-menerus karena hanya akan menghambat kehidupan seseorang. Oleh karena itu, seorang overthinker perlu memahami pengertian overthinking, gejala serta cara mengatasinya dengan baik. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar ya!

Simak Artikel Selanjutnya: 7 Artis Korea dengan Gangguan Kecemasan Umum


2 Komentar

7 Cara Menghilangkan Sakit Hati dan Kecewa - doctorself.id · Juni 20, 2021 pada 7:57 pm

[…] Baca juga: Pengertian Overthinking: Gejala dan Cara Mengatasinya, Apakah Kamu Termasuk? […]

Sangat Efektif! Ini 7 Cara Menghilangkan Overthinking - doctorself.id · Juni 21, 2021 pada 11:45 pm

[…] Baca Juga: Pengertian Overthinking: Gejala dan Cara Mengatasinya, Apakah Kamu Termasuk? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *