Ciri ciri pacar toxicApakah kegiatan kamu sering dibatasin oleh pasanganmu? Apakah kamu sering mengalami kekerasan verbal, contohnya : sering mendapat makian, sering disalahkan, dan sering direndahkan oleh pasanganmu? Apakah kamu sering berantem hingga kamu mengalami kekerasan fisik dari pasanganmu? Jika iya, kamu sudah masuk kedalam toxic relationship. Hal ini tidak bisa kamu sepelekan, karena bisa membuat kamu tertekan, jadi makan hati sendiri , dan berujung pada gangguan kesehatan mental, seperti, kamu merasa depresi, merasa stres, bahkan bisa sampai mempunya niat mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri, sangat bahaya, bukan?

Mungkin kamu bertanya tanya, apasih arti toxic relationship? Nah, toxic relationship itu suatu hubungan yang dimana salah satu pihak merasa tidak diuntungkan, mendapat perlakuan buruk oleh pasangannya seperti kekerasan fisik dan verbal, yang bisa berdampak pada kesehatan mental pada salah satu pihak. Toxic relationship ini tidak hanya pada pacar, toxic relationship ini bisa terjadi pada orang tua dengan anak, atau hubungan suami istri, loh.

Ciri ciri pacar toxic

Inilah Ciri Ciri Pacar Toxic

Kamu kebayang enggak sih, masih pacaran saja sudah toxic, bagaimana kalau sudah menikah? Nah, kamu harus mengetahui, apa aja sih ciri ciri pasangan yang toxic? Dengan begitu, kamu bisa membuktikan pacar kamu toxic atau tidak. Jika pacar kamu terbukti toxic, kamu harus bisa melepaskan hubungan ini. Dengan kamu melakukan hal itu, kamu tidak terjerat lagi deh dilingkaran setan dari hubungan yang toxic ini. Kamu bisa simak ciri cirinya dibawah ini!

1. Membatasi Kegiatanmu

“Aku larang kamu, kamu ga boleh ikut kegiatan ini itu ya, supaya kamu bisa fokus meladeni aku!”

Apakah pasanganmu pernah berkata seperti ini terhadap kamu? Jika iya, pasanganmu terbukti toxic, karena pasanganmu melarang dan membatasi kegiatan kamu. Kamu akan merasa menjadi orang kerdil dan merasa tidak berkembang, jika kegiatan hal positif yang ingin kamu ikutin selalu dibatasin atau tidak diperbolehkan. Sangat disayangkan bukan?

2. Membatasi Kamu Untuk Bermain Dengan Teman Kamu

Pasangan yang toxic, selalu membatasi atau tidak memperbolehkan kamu untuk bermain atau bertemu dengan teman teman kamu, meskipun hanya sekadar nongkrong, hangout di coffee shop atau ditempat lain. Kamu dipaksa hanya ada sedikit waktu untuk teman-teman kamu, tetapi ada waktu yang banyak untuk pasangan kamu. Tentu, pasangan kamu ini menyuruh atau memaksa kamu untuk ngebucin atau meladenin dia, seperti minta temani belanja ke mall, ngedate sama dia, atau hal lainnya. Dengan kamu seperti itu, kemungkinan teman temanmu perlahan menjauhi kamu, jarang mengajak nongkrong atau hang out bareng lagi, karena mereka sadar, kamu sedikit punya waktu luang untuk mereka.

3. Melakukan Playing Victim Terhadap Kamu

Dalam hubungan asmara, pasti pernah dong yang namanya berantem? Nah, jika pernah, pasangan kamu merasa seolah olah menjadi korban, padahal pasanganmulah yang memulai konflik tersebut. Pasangan kamu tidak mau intropeksi diri atas kesalahan yang dia lakukan, dan dia tidak mau meminta maaf terlebih dahulu, dia berharap kamu yang meminta maaf duluan atas semua konflik ini.

Ciri ciri pacar toxic

4. Sering Posesifin Kamu

Pasangan yang toxic adalah posesif yang berlebihan, dia selalu membatasi gerak gerik kamu, dia meminta kamu untuk terus bersama dia, atau kamu harus meladeni dia lewat chatting, atau telponan, kamu jarang ada waktu untuk me time atau waktu santai meskipun sekadar ngescrolling ngescrolling postingan di instagram, tiktok atau twitter bahkan jarang ada waktu untuk keluarga dan teman, hanya untuk menemani pasangan kamu.

Tingkat keposesifan pasangmu yang lebih parah, dia selalu cemburu jika kamu memiliki teman yang berlawanan jenis kelamin, bahkan sering menghakimimu seolah olah kamu selingkuh, padahal kamu jelas jelas tidak melakukan hal tersebut.

5. Meluapkan Emosi Dengan Kekerasan Fisik dan Kekerasan Verbal

Ciri pacar toxic selanjutnya yaitu, ketika kamu lagi berantem dengan pasangan kamu, dia sangat sulit mengontrol emosi, sehingga dia meluapkan emosi dengan mengeluarkan kata kata kasar, atau menyebut nama nama binatang, terhadap kamu, bahkan ia bisa melakukan membanting benda yang ada disekitarnya, atau dia melakukan kekerasan fisik terhadap kamu, Kalau punya pacar gini sih, fix harus kamu tinggalin!

6. Pasanganmu Tidak Suka Dengan Keluargamu

“Aku ga suka dan gamau ketemu sama mama kamu. Mama kamu kelihatannya galak banget”

“Aku ga pingin ketemu sama papa kamu, papa kamu serem banget, kayaknya dia ga suka sama aku”

Biasanya pacar yang toxic selalu menunjukan ketidaksukaanya terhadap orang tua kamu, contohnya seperti kalimat diatas, karena ia merasa orang tuamu tidak setuju kalau dia berpacaran dengan kamu.

Tujuan kamu berpacaran, sebenarnya untuk menikah bukan? Menikah itu bukan soal tentang mengikat dua pribadi, tetapi menyatukan dua keluarga. Jika first impression pasanganmu terhadap keluarga kamu seperti itu, bagaimana kalian sudah menikah? Mungkin dia bakal tidak akur dengan kedua orang tua kamu. Pacar seperti itu harus kamu tinggalin dan perlu di depak dari kehidupan kamu.

7. Selalu Menuntutmu Seperti Apa Yang Dia Mau

“Aku mau kok nerima kamu apa adanya”

“Aku mau kok, nerima kekurangan kamu”

“Aku sih kalau cari pacar ga mandang fisik, yang penting baik ke aku, dan keluarga aku”

Mungkin saat awal pendekatan kamu dengan pasanganmu, dia selalu berkata seperti itu ke kamu, kalau dia itu mau nerima kamu apa adanya. Tapi seiring waktu, dengan perlahan, dia menuntut ke kamu seperti apa yang dia harapkan. Misalkan badan kamu gendut. Ia akan melakukan body shaming terhadap kamu supaya kamu menjadi malu sehingga melakukan diet. Jika kamu tidak melakukan apa yang dia mau, dia akan selalu bikin kamu sakit hati dengan melakukan body shaming. Pacar macam seperti ini, harus kamu tinggalin, daripada makan hati!

8. Keuangan Kamu Diatur Oleh Pacar Kamu

Keuangan kamu diatur oleh pasangan kamu, dia memaksa kamu, supaya dia yang memegang kartu debit kamu. Mungkin, maksud dia supaya kamu tidak boros,dan bisa diawasi oleh dia, tetapi dia tidak berhak untuk mengatur itu semua.

Lebih parahnya lagi,setelah kamu memberi kartu debit kamu kepasangan kamu,dia berbohong ke kamu, seolah olah uang yang kamu simpan di pasangan kamu itu aman, tapi nyatanya dia memakai uang kamu untuk kesenangan dia sendiri, untuk belanja hal lain, tanpa sepengetahuan kamu.

Cara Melepaskan Pacar Yang Toxic

Bisa jadi hal ini tidak mudah buat kamu, mungkin karena kamu masih sayang sama pasanganmu. Tapi perlu kamu sadari, pasangan kamu sering melakukan hal yang tidak mengenakan kepada kamu, dari pada kamu kesal sendiri, makan hati sendiri, capek sendiri, lebih baik kamu melepaskannya. Berikut cara memantapkan diri agar kamu bisa melepaskannya.

1. Kamu Harus Menyadari Kelakuan Buruknya Terhadap Kamu

Kamu harus berpikir dan merenung, apakah perjuangan ini perlu dipertahankan atau tidak, jika kamu sudah benar lelah dengan hubungan kamu, kamu bisa berkata baik baik kepada pasanganmu, untuk minta selesai dalam hubungan ini.

2. Cerita Ke Orang Terdekat Kamu

Kamu bisa bercerita keorang tua, atau sahabat, kamu ceritakan semua, keluh kesah kamu, selama kamu menjalani hubungan yang toxic ini, dengan begitu kamu bisa mendapatkan solusi untuk mencari jalan keluar dari masalah ini.

ciri ciri pacar toxic

3. Teguhkan Hati dan Harus Bisa Move On

Meskipun pasangan kamu sering melakukan perlakuan tidak enak terhadap kamu, tidak mungkin kamu tidak mempunyai momen yang manis bersama dia, meskipun kadang kamu luluh untuk memaafkannya dan ingin mempertahankan hubungan yang toxic ini. Kamu harus berpegang teguh, kamu harus ingat dengan perilaku dia yang tidak mengenakan terhadap kamu, kamun harus sadar, apa dampaknya terhadap kesehatan mental kamu, jika kamu tetap lanjut dan mempertahankan hubungan yang toxic ini. Capek, bukan? kalau terus didalam lingkaran setan ini. Jika kamu sudah mengambil keputusan untuk ingin mengakhiri hubungan yang toxic ini, kamu harus move on dan mengubur semua kenangan manis bersama pasangan kamu.

Baca Juga :

Berikut 9 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita!

Apa Itu Toxic Relationship? Jangan Sampai Hubungan Terjebak Disini

10 Website Millenials Freelance Dapatkan Uang dari Internet

Nah itu dia, ciri ciri pacar toxic,dan bagaimana cara melepaskannya dari hubungan itu. Kamu bisa share artikel ini, jika menurut kamu bermanfaat, atau kamu bisa memberikan opini dikolom komentar, dan jangan lupa juga ikuti akun sosial media kami, dengan cara klik gambar dibawah ini

Terimakasih sudah membaca artikel ciri ciri pacar toxic dari doctor self

Baca Juga :

Inilah Cara Melepaskan Hubungan Toxic Dalam Pertemanan

Jangan Terjebak! Ini Cara Mengatasi Toxic relationship


1 Komentar

Star Syndrome Adalah Merasa Dirinya Bagai Bintang, Inilah 9 Cirinya · Juli 24, 2021 pada 1:48 pm

[…] Kenali 8 Ciri Ciri Pacar Toxic, Apakah Si Doi Termasuk? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *