menghilangkan sakit hati dan kecewa
Source: unsplash

Apa kamu pernah dikhianati oleh orang yang sangat kamu percayai? Kalau iya, tenang kamu tidak sendiri dear. Dikhianati oleh orang yang sangat kita percayai memang menyakitkan tapi kamu tidak perlu khawatir ini ada tips cara menghilangkan sakit hati dan kecewa karena dikhianati.

Kepercayaan itu mahal. Bener gak sih?

Untuk kita meletakkan kepercayaan kepada seseorang itu sangatlah susah, Bener deh. Karena rasa percaya itu perlu mereka dapatkan terlebih dahulu sebelum kita meletakkannya kepada orang tersebut.

Dengan kita memberikan kepercayaan kita kepada orang lain itu sama saja seperti kita memberikan orang tersebut akses ke dalam kehidupan pribadi kita yang tidak bisa dilewati oleh banyak orang.

Jadi disaat rasa kepercayaan kita dikhiantati itu pasti rasanya sakit bangeetttt…

Pasti kita merasakan sangat amat kecewa sama orang tersebut…

Benerkan?

Tidak sedikit dari kita saat dikhianati oleh orang yang kita percayai itu mengalami trust issue.

Apa tuh trust issue?

Trust issue atau krisis kepercayaan adalah kondisi dimana seseorang sulit untuk percaya kembali atau bahkan kehilangan kepercayaan sepenuhnya terhadap orang lain.

Jadi disini akan dibahas gimana cara menghilangkan sakit hati dan kecewa yang kita rasakan karena pengkhianatan dari orang yang kita percayai.

Cara menghilangkan sakit hati dan kecewa

  1. Harus terima kenyataan
sembuh dari sakit hati

Sakit hati dan kecewa sudah menjadi bagian dari hidup kita, terima kenyataan itu. Tanpa rasa sakit hati dan kecewa kamu tidak akan pernah bisa bertumbuh dan menjadi dewasa.

Bukankah rasa sakit hati dan kecewa mengajarkan kita banyak hal soal kehidupan? Anggap saja itu kerikil kehidupan yang harus kamu lewati agar kamu belajar banyak hal dan membuatmu menjadi lebih hati-hati  dan waspada nantinya jika hal tersebut terulang kembali.

  1. Beribadah pada Tuhan
beribadah untuk menghilangkan sakit hati dan kecewa

Bukankah Tuhan menjadi satu-satunya tempat dimana kamu bisa menyampaikan isi hati dan pikiranmu tanpa harus dihakimi?

Cobalah untuk berdoa dengan sungguh-sungguh saat kamu beribadah. Percaya atau tidak perasaan yang kamu rasakan sebelumnya akan menjadi lebih lega dan tenang, seakan semua rasa sakit hati dan kecewa hilang begitu saja.

Terkadang kita sebagai manusia hanya ingin didengar tanpa harus dihakimi dan beribadah pada Tuhan adalah tempat yang tepat untuk kamu menyampaikan isi hatimu. Dengan kamu menceritakan permasalahanmu saat beribadah pada Tuhan, tidak aka nada yang tahu apa yang kamu lalui atau alami jika kamu terlalu malu atau takut rahasiamu bocor ke khalayak ramai.

  1. Jangan terlalu berharap pada orang lain
jangan berharap agar tidak kecewa

Terkadang untuk kita tidak merasakan sakit hati dan kecewa adalah dengan tidak berharap pada orang lain. Karena tanpa kita sadari ekspektasi kita atau harapan kita terhadap orang lain yang membuat kita merasakan rasa sakit hati dan kecewa.

Tidak ada yang melarangmu untuk berharap pada orang lain, hanya saja jangan terlalu berharap banyak. Karena disaat nantinya harapan kamu tidak terpeneuhi, kamu sendiri yang akan merasakan sakit hati dan kecewa tersebut.

Berharaplah seperlunya jangan terlalu berlebihan. Jadi disaat nanti orang lain tidak memenuhi harapanmu, kamu tidak akan merasakan rasa sakit hati dan kecewa yang luar biasa.

  1. Fokus pada diri sendiri
fokus untuk sembuh dari sakit hati

Daripada kita fokus pada rasa sakit hati dan kecewa, lebih baik kita fokus pada diri kita sendiri. Menyibukkan diri sendiri untuk menjadi manusia lebih baik lagi dari sebelumnya.

Seperti mengejar mimpi kamu, kejar mimpi yang ingin kamu raih dan mimpi yang ingin kamu wujudkan menjadi kenyataan agar kamu memiliki kesibukan dan tidak memikirkan rasa sakit hati dan kecewa yang kamu rasakan.

Lalu melakukan hobby kamu, lakukan hal yang tidak pernah kamu lakukan sebelumny dan jika kamu menyukai kegiatan itu kamu bisa menjadikan itu hobby kamu dan bisa kamu tekuni jalani hal tersebut sehingga tidak ada waktu bagi kamu untuk memikirkan rasa sakit hati dan kecewa yang kamu rasakan lagi.

Baca juga: 6 Cara Paling Efektif Mengatasi Stress Pada Remaja

  1. Ikuti kegiatan sosial
volunteer untuk sembuh dari kecewa

Mengikuti kegiatan sosial bagus untuk diri kita, selain kamu akan merasa bahagia karena sudah menolong orang lain, kamu juga bisa berinteraksi dengan orang baru dan bertemu dengan banyak orang yang bisa membuka pikiran kamu lebih luas lagi.

Sehingga rasa sakit hati dan kecewa yang kamu rasakan bisa berangsur-angsur berkurang dengan sendirinya karena kamu tidak lagi fokus pada rasa sakit hati dan kecewa yang menggerogoti hati kamu.

Melainkan kamu akan memiliki fokus lain dari perasaan menyakitkan itu yaitu pelajaran yang bisa kamu ambil dari rasa sakit itu, menjadi lebih waspada terhadap orang lain, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Overthinking: Gejala dan Cara Mengatasinya, Apakah Kamu Termasuk?

  1. Tulis isi pikiran dan perasaan
menulis untuk sembuh dari sakit hati

Menyalurkan isi pikiran dan perasaan kita pada sebuah tulisan dapat membuat kita sehat secara mental yang berarti bisa meringankan rasa sakit hati dan kecewa yang sedang kita rasakan.

Bisa dicoba mulai sekarang, kalau kamu sedang merasa sakit hati, kecewa, sedih, dan perasaan lainnya kamu salurkan dalam sebuah tulisan.

Entah kamu menulis semua perasaan kamu didalam tulisan tersebut atau kamu bisa menulisnya dalam bentuk puisi dengan makna puisi yang hanya bisa dipahami oleh kamu seorang.

Pilih gaya tulisan apapun yang kamu suka asalkan semua rasa sakit hati dan kecewa yang kamu rasakan bisa tersalurkan dan membuat kamu menjadi lebih baik setelah menulisnya.

Baca juga: Iniloh Ciri Ciri Orang Trauma! Apa Kamu Salah Satunya?

  1. Move on
move on untuk sembuh dari kecewa

Sudah waktunya kamu move on!

Waktu terus berputar dan kehidupan akan tetap terus berjalan. Jangan sampai rasa sakit hati dan kecewa yang kamu rasakan malahan menguasai kamu dan membuat kamu susah untuk bergerak maju.

Tidak ada untungnya buat kamu terus-terusan terjebak diperasaan itu. Kamu pantas mendapatkan yang lebih baik dan bisa menghargai kamu sepenuhnya. Hanya karena orang tersebut sudah membuatmu sakit hati dan kecewa, bukan berarti kamu harus terus berkutat dengan perasaan itukan?

Keluar dari perasaan itu dan berjalanlah kedepan! Tidak usah terburu-buru, pelan-pelan saja tapi pasti. Pasti kalau kamu bisa keluar dari perasaan itu dan membuat kamu menjadi seperti dulu lagi.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi rasa kecewa dan sakit hati yang sedang kamu rasakan saat ini. Terima kasih!

Baca juga: Kamu Pernah Tiba Tiba Sedih Dan Ingin Menangis?


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *