cara menghilangkan overthinking
Photo by Ben White on Unsplash

Apa kamu termasuk dalam kategori orang yang sedikit ada masalah langsung kepikiran? Ini ada tips cara menghilangkan overthinking agar kamu bisa menjalani hidup dengan damai dan tenang.

Pengertian Overthinking yaitu memikirkan suatu hal secara berlebihan dan dilakukan secara terus menerus.

Menjadi Overthinker mungkin bagus untuk kamu dapat mengantisipasi ataupun menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi. Disisi lain overthinking yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan mental dan dapat merugikan diri kamu sendiri.

Overthinking bisa menganggu dan mempengaruhi kemajuan dalam pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Namun overthinking yang berlebihan bisa menyebabkan stress dan mengalami gangguan kecemasan.

Baca Juga: Pengertian Overthinking: Gejala dan Cara Mengatasinya, Apakah Kamu Termasuk?

Cara menghilangkan overthinking

  1. Uraikan penyebab overthinking
salah satu cara menghilangkan overthinking

Saat kamu sedang memiliki banyak pikiran dikepala kamu, coba uraikan permasalahan yang menjadi penyebab overthinking kamu bisa dengan cara menulisnya di buku, notebook, e-notes, dan lain sebagainya.

Buat list permasalahan yang sedang kamu hadapi dari yang termudah hingga ke yang tersulit menurut kamu dan jelaskan bagaimana cara kamu menyelesaikan permasalahan yang sedang kamu hadapi.

  1. Selesaikan masalah dari yang termudah
salah dua cara menghilangkan overthinking

Setelah kamu menguraikan permasalahan yang menjadi penyebab overthinking kamu dan mengurutkannya dari yang termudah hingga ke yang tersulit, kini kamu bisa mulai menyelesaikan satu persatu permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Kerjakan setiap permasalahan dengan tenang dan fokus agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan kamu dengan cepat dan tepat waktu. Setelahnya kamu bisa mengerjakan pekerjaan lainnya dengan teknik tenang dan fokus yang sama sampai permasalahan kamu selesai.

  1. Buat target penyelesaian masalah
salah tiga cara menghilangkan overthinking

Saat kamu mengerjakan tugas dari permasalahan kamu jangan lupa untuk memasang target atau tenggat waktu yang kamu inginkan agar setiap permasalahan yang sedang kamu kerjakan bisa selesai tepat pada waktunya.

  1. Memasrahkan diri saat sudah selesai
salah empat cara menghilangkan overthinking

Jika kamu sudah menyelesaikan tugas dari permasalahan kamu, jangan memikirkannya kembali. Gunakan prinsip kerjakan dan lupakan.

Lupakan tugas yang sudah kamu selesaikan dan pasrahkan hasil dari tugas permasalahan yang kamu miliki. Apapun hasilnya nanti, kamu harus yakin dan percaya bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik yang kamu bisa.

  1. Alihkan perhatian
salah lima cara menghilangkan overthinking

Kamu bisa mengalihkan perhatian kamu agar kamu tidak selalu overthinking dengan cara bersosialisasi, ngobrol dan tertawa bersama teman-teman atau bertemu dengan kekasih dan lain sebagainya.

Hal ini berguna agar kamu tidak selalu memikirkan segala sesuatu secara berlebihan dan efektif untuk mengalihkan perhatian kamu dari masalah yang sedang kamu hadapi.

  1. Lakukan meditasi atau olah raga
salah enam cara menghilangkan overthinking

Jangan lupa untuk meditasi dan berolahraga.

Meditasi dan olahraga ternyata membantu kamu untuk bisa berpikir secara jernih agar kamu menemukan solusi dari permasalahan yang sedang kamu alami.

Selain itu berolahraga dan meditasi bisa membuat kamu merasa tenang dan nyaman sehingga bisa melepas stress yang diakibatkan oleh overthinking kamu sendiri.

  1. Lakukan hobby yang menyenangkan hati
salah tujuh cara menghilangkan overthinking

Melakukan hobby yang membuat kamu senang juga bisa mengalihkan kamu dari overthinking di kepala kamu loh.

Hobby seperti menonton tv, membaca, berenang, bersepeda, hiking, dan lain sebagainya, ternyata bisa membuat kamu senang dan melepas stress yang melanda diri kamu karena overthinking yang disebabkan oleh kamu sendiri.

  1. Langsung ambil tindakan
salah delapan cara menghilangkan overthinking

Jangan menumpuk tugas atau permasalahan dalam suatu waktu. Lakukan pekerjaan kamu saat itu juga dan jangan menundanya.

Karena menunda pekerjaan akan menyebabkan pekerjaan kamu menumpuk, setelah menumpuk kamu akan berkejaran dengan deadline. Jika sudah begini maka kamu sendiri yang akan kesulitan dan membuat kamu menjadi overthinking.

Jadi setiap masalah yang dating langsung ambil tindakan dan jangan menudanya.

  1. Jangan menyesali hal yang terjadi
salah sembilan cara menghilangkan overthinking

Permasalahan yang sudah kamu selesaikan. Pekerjaan yang sudah kamu kerjakan. Apapun itu hasilnya nanti jangan menyesalkan apapun yang sudah terjadi.

Kamu sudah melakukan yang terbaik. Kamu sudah melakukannya semampu yang kamu bisa. Kalaupun hasilnya tidak memuaskan tidak apa-apa setidaknya kamu sudah berusaha. Dan jika hasilnya bagus, kamu harus bangga dan berpuas diri karena kamu mampu menyelesaikannya dengan baik.

Baca Juga: 5 Tindakan Dijamin Efektif Cara Mengatasi Overthinking

Itulah tips cara menghilangkan overthinking yang bisa kamu praktekkan jika kamu selalu memikirkan segala sesuatu secara berlebihan.

Ingat! Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan sesuatu yang kurang juga tidak bagus. Yang biasa saja, tidak kurang ataupun berlebihan.

Kamu sudah berusaha sekuat kamu, jadi apapun hasilnya tidak usah terlalu dipikirkan secara berlebihan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca!


2 Komentar

Rayhan · Juli 7, 2021 pada 3:58 pm

Wah thank you ya bermanfaat banget tips nya! Kami juga punya nih artikel tentang bagaimana cara mengatasi masalah secara dewasa. Coba dicek yaa!

10 Soft Skill yang Harus Dimiliki agar Cepat Dapat Kerja! · Juli 18, 2021 pada 3:39 am

[…] Sangat Efektif! Ini 7 Cara Menghilangkan Overthinking […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *