cara mengendalikan emosi
photo from: unsplash

Apa kamu termasuk susah dalam mengendalikan emosi? Sebenarnya emosi itu apa sih?

Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan entah kepada makhluk hidup ataupun beda. Emosi juga bisa diartikan sebagai reaksi tubuh terhadap situasi tertentu. Biasanya berkaitan dengan kegiatan berpikir seseorang yang disebabkan dari hasil persepsi terhadap situasi yang terjadi.

Ada berbagai macam emosi, seperti emosi marah, emosi sedih, emosi bahagia, dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya emosi terjadi sesuai dengan suasana hati seseorang pada saat itu.

Jadi pada dasarnya emosi terbagi menjadi emosi positif dan emosi negatif. Disini akan dibahas bagaimana cara kita mengendalikan emosi negatif pada diri kita.

Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan emosi, seperti sebagai berikut:

  1. Berpikirlah Secara Positif

Saat pikiran kita dipenuhi dengan prasangka buruk yang akan mempengaruhi emosi kita kearah negatif, ada baiknya kita merubah pikiran kita kearah positif. Sehingga emosi negatif yang akan muncul menjadi teralihkan.

Misalnya, kamu sedang merasa kesal dengan teman kamu karena dia mengalami mood swing yang bisa berubah sewaktu-waktu sehingga kamu menjadi kena getahnya. Pada saat itu, pasti kamu akan merasa marah atau kesal karena kamu menjadi target pelampiasan teman kamu.

Namun kamu bisa mengatasinya dengan merubah pola pikir kamu kearah yang positif. Seperti mungkin teman kamu saat sedang ada mengalami premenstrual syndrome atau biasa disebut PMS sehingga teman kamu mengalami mood swing.

Dengan kita berpikiran positif, kita merubah cara pandang kita dari yang tadinya kamu berpikiran buruk yang bisa merusak pertemenan kamu, kamu memilih berpikiran positif dan mengerti keadaan teman kamu.

  1. Hindari Pemicu Emosi Negatif

Untuk kamu yang mudah emosian atau mudah ke trigger alias mudah terpancing, ada baiknya kamu menghindari pemicu emosi negatif mu tersebut.

Dengan kita menghindari pemicu emosi negative maka hati kamu juga akan menjadi tenang dan tidak berakibat buruk ke tubuh kamu.

Seperti misalnya pemicu emosi negatif kamu datangnya dari teman kamu, ada baiknya kamu menghindari bertemu teman kamu terlebih dahulu sampai emosi kamu reda.

Setelah emosi kamu reda, maka kamu bisa bertemu dengan teman kamu lagi dan menyelesaikan masalah diantara kamu dan dia dengan kepala dingin dan mencari solusi atas masalah tersebut bersama-sama.

  1. Perbanyak Ibadah

Salah satu cara mengendalikan emosi adalah dengan beribadah.

Jangan menganggap sepele kekuatan beribadah. Saat kamu solat atau berdoa maka emosi negatif yang melingkupi diri kamu akan hilang seketika.

Apalagi jika kamu sedang diliputi emosi negative saat bersama orang-orang yang ada disekitar kamu, kamu bisa mengucap atau berdoa, sehingga emosi negative yang kamu rasakan bisa reda saat itu juga.

  1. Sering-Seringlah Berolah raga

Cara lain dalam mengendalikan emosi adalah dengan melatih otot kita dengan terus bekerja salah satunya yaitu berolah raga.

Salah satu penyebab emosi negatif adalah stress. Maka dari itu, olah raga sangat bagus untuk fisik dan juga perasaan kamu. Karena selain dapat menghilangkan stress, olah raga juga mengeluarkan hormone endorphin yang akan memberikan energi positif pada tubuh kamu.

  1. Tarik napas dan tutup mata

Pada saat kamu sedang berada disekitar orang dan tidak dapat melampiaskan emosi negative kamu, maka kamu bisa mencoba dengan menarik napas secara cepat dan mengeluarkan pelan-pelan dari mulut kamu.

Jangan lupa untuk menutup mata kamu saat kamu mencoba menarik napas kamu. Kamu bisa mengulangi latihan pernapasan tersebut secara berulang-ulang sampai emosi kamu mereda.

Yuk lakukan ini saat kamu sedang diliputi oleh emosi negative saat kamu sedang berada disekitar orang-orang!

  1. Dengarkan dan Nikmati Musik Favorit Kamu

Mendengarkan music juga mampu meredakan emosi negative kamu loh. Karena mendengarkan music mampu memberikan kita ketenangan.

Dengarkan music yang sesuai dengan selera kamu. Yang misalnya saat kamu mendengarkan music tersebut mampu merubah mood kamu atau emosi kamu menjadi lebih baik lagi.

Jadi coba cek playlist lagu kamu dan dengarkan sekarang juga kalau kamu sedang berada dalam kondisi yang bisa memicu emosi negatif kamu.

  1. Lakukan Hobi yang Kamu Sukai

Salah satu mengendalikan emosi adalah dengan kita melakukan hobi kita.

Misalnya kamu hobi menonton, kamu bisa mulai menyalakan tv kamu dan menonton genre favorit kamu sehingga emosi negatif kamu bisa teralihkan ke hal yang lain.

Selain bisa mengalihkan emosi negatif kamu, ternyata melakukan atau memiliki hobi juga bisa memberikan kesenangan ke diri sendiri loh.

Jadi mulai sekarang, yuk cari dan temukan hobi kamu! Jadi kamu bisa melakukan hibi kamu dan tidak ada alasan lagi buat kamu melampiaskan emosi negatif kamu kearah yang negatif juga.

  1. Hindari Bicara Saat Emosi Memuncak

Saat diri kita diliputi emosi negatif yang sangat besar ada baiknya kalau kita jangan bicara.

Karena ada pepatah mengatakan bahwa lidah bisa lebih tajam dari pada pedang. Jangan sampai saat kamu sedang diliputi oleh emosi negatif kamu malah menyakiti orang lain dengan perkataan kamu.

Karena saat emosi kamu reda atau hilang, kamu akan menyesali apa yang kamu katakan ke orang lain dan hal itu bisa menjadi berbalik ke kamu dalam artian yang buruk.

Jangan lupa baca juga: Jangan Ditahan! Berikut Cara Meluapkan Emosi dengan Baik dan Benar!

Setelah kamu membaca cara mengendalikan emosi yang ada diatas, kamu bisa praktekan mulai sekarang. Jangan sampai emosi negatif mempengaruhi kehidupan kamu dan membuat kamu tidak merasa bahagia oleh karenanya.

Terima kasih


3 Komentar

Yuk, Ketahui Lebih Dalam Arti Komitmen dalam Pacaran - doctorself.id · Juni 10, 2021 pada 10:25 pm

[…] Baca Juga : 8 Cara Mengendalikan Emosi […]

Kamu Pernah Tiba Tiba Sedih Dan Ingin Menangis? - doctorself.id · Juni 19, 2021 pada 10:54 pm

[…] Yuk! simak artikel selanjutnya, Cara Mengendalikan Emosi […]

Iniloh Ciri Ciri Orang Trauma! Apa Kamu Salah Satunya? · Juni 29, 2021 pada 11:31 pm

[…] Baca juga: Yuk! Kenali dan Pelajari 8 Cara Mengendalikan Emosi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *