Dalam menjalani hidup, tentunya ada masa indah dan juga masa yang tidak menyenangkan. Seringkali kita merasa kesal dan marah karena tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Sebenarnya marah itu adalah hal yang wajar dan harus ada dalam diri manusia, namun apabila emosi tersebut tidak dapat dikendalikan dengan baik maka dapat menyebabkan masalah baru. Entah itu bertindak sesuka hati hingga menyakiti orang lain. Jarang yang mengetahui cara meluapkan emosi dengan baik dan benar sehingga mereka memilih untuk memendam amarahnya.

Emosi yang dipendam secara terus menerus dan tidak dikeluarkan hanya seperti membuat sebuah “bom” yang akan meledak di waktu yang tak menentu. Bom tersebut akan jauh memberikan dampak negatif bagi diri kita dan juga orang yang kita sayangi. Oleh karena itu, mari kita bahas metode yang efektif dalam melampiaskan emosi tersebut.

Cara Meluapkan Emosi secara Efektif

1. Tarik Nafas dan Menenangkan Diri

Meluapkan emosi dengan tarik nafas dan menenangkan diri

Ketika kita sedang dipenuhi emosi, napas kita kan menjadi lebih cepat dan lebih tegang yang pada akhirnya dapat mempengaruhi cara penyampaian emosi kita.

Hal yang dapat kita lakukan yaitu untuk berhenti sejenak, menarik napas dalam-dalam, dan menghembuskannya. Ulangi beberapa kali hingga diri kita menjadi lebih tenang sehingga bisa berpikir lebih jernih juga.

2. Menulis Jurnal

menulis jurnal untuk menyampaikan emosi secara tidak langsung

Terkadang bukannya kita tidak mau melampiaskan emosi, namun kita kesulitan atau tidak sanggup untuk melakukannya secara langsung. Jika kita memiliki sifat seperti itu, kita dapat memilih alternatif lainnya yaitu untuk meluapkan emosi secara tidak langsung. Salah satunya adalah dengan cara menulis jurnal. Kita dapat menuliskan keluh kesah, masalah, dan pendapat kita dalam sebuah buku. Dengan cara tersebut kita tidak perlu memendam emosi kita serta dapat mengurangi stres dan rasa cemas. Menulis juga dapat memberikan kita pencerahan dan solusi akan masalah yang sedang kita hadapi.

Baca juga : 5 Tindakan Dijamin Efektif Cara Mengatasi Overthinking

3. Tidur

beristirahat untuk menenangkan diri dan meluapkan emosi

Aktivitas tidur dapat menurunkan perasaan yang sedang kita rasakan serta membuat kita menjadi lebih relaks. Ketika kita sedang dipenuhi oleh emosi, kita dapat menenangkan diri terlebih dahulu seperti menjauhi tempat atau situasi yang dapat memicu emosi kita. Setelah itu barulah kita dapat meluangkan waktu sebentar untuk tidur.

4. Menangis

meluapkan emosi dengan menangis

Walaupun menangis tidak dapat menyelesaikan masalah, namun cara ini efektif untuk meluapkan emosi kita. Kita tidak bisa selamanya dapat menanggung beban hidup dengan baik dan lapang dada sehingga kita berhak untuk melampiaskan emosi kita dengan cara menangis. Menangis dapat membantu menenangkan diri kita, menjadi lebih relaks dan dapat berpikir lebih jernih.

5. Menyantap Makanan Favorit

menyantap makanan favorit untuk mengalihkan fokus dan meluapkan emosi

Kita pasti memiliki makanan yang sering kita santap dan menjadikan itu sebagai makanan favorit kita. Makan makanan kesukaan dapat membantu mengalihkan fokus kita terhadap emosi yang kita rasakan, membuat kita lebih bahagia, dan santai. Rasa senang tersebutlah yang juga efektif untuk melupakan perasaan marah yang kita rasakan.

6. Mendengarkan Musik

mendengarkan musik favorit untuk meluapkan emosi kita

Musik merupakan bagian penting dalam kehidupan kita. Bukan sekadar suara, namun musik mengandung emosi, warna, dan arti yang dalam. Mendengarkan musik dapat menjadi alternatif dalam meluapkan emosi kita. Menurut konsultan kesehatan untuk platform streaming musik Qobuz yaitu Sean Luzi, musik memiliki kekuatan anti-stres yang memiliki pengaruh besar pada sistem saraf dan neuroendokrin tubuh sehingga sangat berguna dalam mengatur emosi negatif kita. Dengarkan lah tipe musik favorit kita karena tidak semua orang membutuhkan musik bahagia untuk mengalihkan perhatian mereka. Ada orang yang justru mendengarkan musik sedih agar dapat mengeluarkan amarahnya dengan menangis.

7. Bicarakan

membicarakan masalah untuk meluapkan emosi kita

Pilihan lain dari menulis yaitu untuk membicarakan perasaan kita terhadap orang lain. Ketika kita sedang marah atau kesal dengan seseorang, kita dapat mencari orang tua ataupun orang yang kita sayangi sebagai teman curhat. Pastikan kita memilih orang yang kita percaya dan mau mendengarkan kita dengan baik.

Baca juga: Pentingnya Mencintai Diri Sendiri (Self-Love)

8. Olahraga

berolahraga sebagai pengalihan terbaik dari emosi negatif dan meluapkan emosi

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat membantu kita meluapkan emosi secara positif. Jika kita sedang dihadapkan oleh situasi yang dapat menaikkan amarah kita, segeralah pergi keluar dan mulai belari atau bersepeda di sekitar rumah kita. Berolahraga akan membuat badan kita lelah sehingga energi untuk marah akan jauh berkurang. Aktivitas ini juga dapat menjadi pengalihan terbaik sehingga kita tidak fokus untuk menyampaikan emosi dengan cara yang salah dan membuat masalah baru.

9. Travelling

melakukan aktivitas travelling untuk menyegarkan pikiran, relaks, dan meluapkan emosi

Tidak dapat dipungkiri bahwa jalan-jalan dapat membantu meluapkan emosi kita tanpa harus marah-marah. Fokus kita akan teralihkan oleh pemandangan kota, aktivitas budaya sekitar, bahkan oleh langit biru. Jalan-jalan akan membuat diri kita menjadi lebih segar, relaks, dan melupakan perasaan marah yang sedang kita rasakan.

Kita pasti akan mengalami naik dan turunnya hidup, bertemu dengan kesenangan dan juga kesedihan. Terkadang terlalu banyak masalah dapat memicu emosi negatif kita. Agar kita tetap dapat bertindak dengan baik, selalu ingat cara meluapkan emosi diatas ya sahabat DS! Jangan lupa untuk follow Doctorself di akun sosial media lainnya dan share artikel ini ya!


3 Komentar

Yuk! Kenali dan Pelajari Cara Mengendalikan Emosi - doctorself.id · Mei 23, 2021 pada 9:06 pm

[…] Jangan lupa baca juga: Jangan Ditahan! Berikut Cara Meluapkan Emosi dengan Baik dan Benar! […]

7 Ciri Ciri Anxiety Disorder Ini Jangan Kamu Abaikan! - doctorself.id · Juni 7, 2021 pada 1:52 pm

[…] Korea Yang Gangguan Kecemasan Umum, Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya Sejak Dini, Jangan Ditahan! Berikut Cara Meluapkan Emosi dengan Baik dan Benar!, 5 Tindakan Dijamin Efektif Cara Mengatasi […]

Pengertian Overthinking: Gejala dan Cara Mengatasinya, Apakah Kamu Termasuk? · Juni 20, 2021 pada 1:23 pm

[…] Baca Juga : Cara Meluapkan Emosi yang Baik dan Benar […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *